Thursday, June 9

Sunrise Gunung Batur

Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia, letak salah satu Gunung Berapi yang masih aktif di Bali. Gunung yang memiliki kaldera terbesar dan terindah di dunia (van Bemmelen, 1949) bernama Gunung Batur. Batur memiliki kaldera dengan luas 13,8 x 10 km, dan selain keindahan kaldera yang dimiliki Batur juga memiliki danau yang berbentuk bulan sabit yang menempati bagian tenggara yang panjangnya sekitar 7,5 km, lebar maksimum 2,5 km, kelilingnya sekitar 22 km dan luasnya 16 km2 yang bernama danau Batur.

Sudah tiga kali saya mendaki gunung Batur, dari mulai untuk melihat sunrise yang indah dari puncaknya, mengelilingi gunungnya untuk melihat gumpalan kawah belerang yang masih aktif, sampai hanya untuk hiking melepas rindu dengan gunung yang indah ini, dan selalu ada sensasi yang berbeda.

Tidak terlalu sulit untuk mencapai gunung Batur, namum memang tidak ada kendaraan umum untuk mencapainya, kita harus menggunakan kendaraan pribadi. waktu tempuh untuk mencapai pos pendakian gunung Batur dapat ditempuh sekitar 2 jam dari kota Denpasar. setibanya di ulun danu kintamani kita dapat menjumpai pos pendakian untuk mendapatkan informasi. jika belum pernah mendaki Batur jangan khawatir karena banyak terdapat guide yang siap mengantar mendaki serta mengelilingi gunung, untuk guide range harga untuk sekali tour sekitar 80.000 - 15000 keatas tergantung jumlah pendaki dan negosiasi. Jarak tempuh untuk mencapai puncak batur sekitar 1,5 jam sampai 2,5 jam tergantung kondisi fisik dan alam. sedangkan track yang dilalui untuk pertama kawasan hutan berpasir, kemudian track menanjak yang memiliki medan batuan, sangat disarankan menggunakan safety shoes atau setidaknya sandal gunung untuk safety. Batur Memiliki 2 puncak, yang pertama berupa lapangan padang ilalang bekas letusan gunung, dan kita bisa mendaki sekitar 15 - 30 menit untuk ke puncak tertinggi, namun dipuncak atas lebih kecil. 

Untuk sekedar pemberitahuan, gunung Batur merupakan gunung vulkano dan tidak memiliki sumber air, jadi disarankan untuk membawa logistik dari bawah, walaupun demikian karena objek wisata di puncak tersedia warung - warung yang hanya buka menjelang sunrise, menyediakan berbagai macam minuman dan makanan ringan namun dengang harga yang yang lumayan mahal. untuk sebotol coca - cola kita harus merogoh kocek sebesar 25.000 rupiah. (yog.)

Sumber lain tentang Gunung Batur :


Beberapa photo yang saya ambil ketika sunrise ;







No comments:

Post a Comment